Penelitian berjudul kontribusi layanan bimbingan kelompok dengan teknik ekspository dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri l Losari ini dilatar belakangi oleh adanya masalah jumlah peserta didik yang kurang konsentrasi belajar di sekolah, sehingga memunculkan pertanyaan 1)Bagaimana tingkat konsentrasi belajar peserta didik?, 2)Bagaimana aktifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik ekspository?, dan 3) Berkontribusikah layanan bimbingan kelompok dengan teknik ekspository dalam meningkatkan konsentrasi belajar?. Untuk itu tujuan yang hendak dicapai adalah: (1) Mengetahui tingkat konsentrasi belajar peserta didik, (2) Mengetahui aktifitas layanan bimbingan kelompok teknik ekspository, dan (3) Mengetahui kontribusi layanan bimbingan kelompok dengan teknik ekspository dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Losari Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2021/2022.
Berdasarkan pada teori-teori tentang bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsentrasi belajar, dilakukan melalui bimbingan kelompok dengan teknik ekspository, sehingga peneliti ajukan hipotesis bahwa ada konstribusi bimbingan kelompok dengan teknik ekspository dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Dengan menggunakan PTBK,yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi maka populasi yang berjumlah 15 peserta didik semua menjadi subjek penelitian sedangkan data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi.
Adapun simpulan yang diperoleh sebagai berikut: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik ekspository sudah baik, 2) Konsentrasi belajar semakin meningkat ke arah yang lebih baik, dan 3) Bimbingan kelompok sangat berperan dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik SMA N 1 Losari Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2021/2022.
Sedangkan saran yang peneliti sampaikan adalah:1) Kepala sekolah bekerjasama dengan guru BK dan guru mata pelajaran guna meningkatkan layanan konseling kelompok terkait dengan peningkatan konsentrasi belajar, 2) Bagi Guru BK dan Guru mata pelajaran hendaknya memperhatikan dan meningkatkan program layanan konseling kelompok di sekolah untuk meningkatkan konsentrasi belajar, 3) Bagi peserta didik peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Losari Tahun Pelajaran 2021/2022 diharapkan terus berupaya untuk meningkatkan konsentrasi belajar sehingga dapat menjadi peserta didik yang berprestasi.
Penulis : Hasan Basri
Komentar Terbaru